Ikhlas

November 5, 2008

Minggu, 2 November 2008

hari ini memang beda banget dari hari biasanya. pagi ini gw pengen nonton berita bola kayak biasa untuk memprediksi nilai di premierleague gw. namun mati lampu mengkandaskan keinginan gw itu. yawdah deh hari itu gw a nonton berita bola n gw cuma nerka2 berapa nilai premierleague gw. agak siangan dikit jam 7an, indah sms gw mau beli pulsa simpati 20 ribu n gw kirimin ke indah 20 ribu. laporan terkirim akhirnya dateng juga dan gw udah yakin tuh pulsa dah nyampe ke indah.

agak siangan gw pergi ke kampus ya biasalah mahasiswa kalo g kuliah ya cari calon istri hehehe. dikampus temen2 lagi pada sibuk ngurusin(ngebuat jadi kurus) pesta sains. amklum kepanitian… salah satu panitia pesta sains ngirim sms ke gua..

sms dikirim…….

sms diterima……

“don, pulsa gw mana yang 20 ribu?indah”

dalam hati gw ah paling keterlambatan biasa… trus gw cek lagi ke operator..n operator g ngasih jawaban juga…. akhirnya gw liat lagi sms laporan tadi n ternyata …jeng…jeng…jeng…..

nomor yang gw kirimin pulsa itu salah. bukan nomornya indah. yah gw mulai pusing nech secara gw dagang pulsa masih amatiran. karena keamatiran gw itu, gw kirim deh pulsa ke indah tapi g sesuai nominal yang indah pengenin yaitu 20 ribu dan yang gw kirimin cuma 10 ribu. tambah stress kan gw.adek ke;las gw ngingetin udah kak ikhlas aja… untuk ngilangin stress gw balik k kontrakan n tidur siang…..

setelah bangun tidur siang gw ngerasa badan n pikiran gw agak segeran. namun tidur gw agak terganggu dengan besarnya suara petir  di bogor yang memang siang itu ujan deres banget.

wah enaknya nonton tv neh(pikir gw dalam hati). yawdah deh akhirnya setelah berpikir tujuh hari tujuh malem, gw mw memutuskan untuk ngidupin tv kontrakan yang imut2 itu. pas gw nyalain tu tv, eh si listrik malah turun. gw pergi k tempat sekring dulu n ngidupin listriknya lagi. dan akhirnya gw bisa nonton tv……hore……hore…..hore….

tapi….. pas gw mencet tombol on nya, eh tu tv malah g idup lagi…… gw coba colokannya gw pindah…..n tetep g idup…..arghhhh……hari ini gw bete……teriakku(tapi boong) yang bikin lebih btnya lagi temen2 malah ceng-cengin gw lagi….

gw ke inget ama kata2 adek kelas gw untuk ikhlas……gw coba….coba….n coba….. akhirnya yawdahlah pasti ada pelajaran yang bisa diambil….

tapi dari semua ini gw bisa ngambil pelajaran “salah satu obat pencegah stress adalah IKHLAS, karena dengan IKHLAS sebesar apapun badai yang dihadapi akan lebih ringan untuk dihadapi.dengan meringannya beban akan mengurangi stress”. karena stress diakibatkan beban yang dipikul terasa terlalu berat.

process

Oktober 31, 2008

Allah menciptakan bumi dan langit besrta isinya dalam 6 masa(hari). mengapa dalam 6 masa??apakah Allah g bisa menciptakan bumi dan langit beserta isinya dalam sekejap??apakah anda percaya Allah dapat menciptakan langit dan bumi beserta isinya dalam waktu sekejap??

 

saya percaya Allah dapat melakukannya..karena didalam al-quran telah banyak dijelaskan, jika Allah berkehendak”kun fa yakun” jadilah maka terjadilah. mengapa Allah menciptakan langit dan bumi beserta isinya dalam waktu 6 masa??

hal ini agar menjadi renungan bagi makhluknya, bahwa segala sesuatu itu butuh proses. sebagaimana kita belajar, kita tidak akan mungkin akan langsung mengerti kita butuh proses memahami dan belajar. dari proses ini juga kita diajarkan untuk lebih bersabar dalam menjalani proses tersebut.

Salah siapa???

Oktober 29, 2008

dalam sebuah ujian terdapat soal yang sangat sulit untuk dikerjakan, dan para mahasiswa berpikir soal tersebut belum pernah diajarkan walau soal tersebut termasuk materi dalam mata kuliah yang diujikan tersebut. akhirnya para mahasiswa sepakat untuk memprotes soal tersebut kepada dosen yang bersangkutan.setelah sampai diruang dosen, perwakilan mahasiswa tersebut menanyakan perihal soal tersebut. lalu sang dosen menjawab ” kalian kan sudah bukan anak SMA lagi, dan kalian sudah menjadi mahasiswa. sudah bukan saatnya kalian selalu ‘disuapi”. justru sekarang saatnya kalian aktif mencari bahan refrensi lain tanpa harus saya suruh”. akhirnya perwakilan mahasiswa tersebut sadar dan memberikan penjelasan kepada teman2 lainnya.

terkadang dalam hidup, kita mudah sekali untuk mencari-cari kesalahan orang lain seperti yang dilakukan mahasiswa. hal ini sangat buruk bagi kita jika kita selalu mencari kesalahan orang lain tanpa memikirkan kealahan kita karena hal tersebut tidak akan membuat kita lebih pintar dan lebih mengerti. apabila seseorang bisa berbesar hati untuk tidak langsung mengatakan “gara-gara A” atau “gara2 B” dan memikirkan mungkin kita yang salah karena kurang belajar atau kurang membaca dsb. karena jika kita terus menyalahkan orang lain, kita tidak akan pernah mau membenahi kesalahan kita sendiri dan kesalahan yang sama dapat terjadi lagi.

jadi, sebelum kita mengatakan seseorang salah, ada baiknya kita intropeksi diri terlebih dahulu sebelum hal yang lebih buruk terjadi.

Tak Ada Ruginya Mencoba

Oktober 21, 2008

Terkadang kita berpikir beberapa kali untuk mencoba sesuatu yang baru. itu bukan merupakan hal yang salah, justru merupakan hal terbaik asalkan kita mampu menghitung oportunity costnya dengan benar. seperti untung ruginya mencoba hal tersebut. namun ketika kita malas atau sulit menghitung oportunity costnya tak ada ruginya kita mencobanya selama hal itu baik untuk kita. karena walaupun kita pikir tidak mendapatkan apa2 dari pekerjaan itu, tapi menurut saya itu kurang tepat. cobalah berpikir positif dari setiap pekerjaan. mungkin awalnya kita berpikir tidak mendapat apa2, tapi bila kita berpikir positif kita akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang kita bayangkan misalnya pelajaran dan teman.

namun bukan berarti setiap pekerjaan harus dilakukan untuk mendapatkan pengalaman. misalnya pekerjaan yang tidak perlu dilakukan adalah mencoba narkoba dll.

Latar belakang

Oktober 17, 2008

seorang istri bertanya kepada suaminya “mas aku yang nomor keberapa di hatimu?“. sang suami menjawab dengan penuh cinta ” yang ketiga sayang“. sang istri langsung marah-marah dan menanyai kepada sang suami ” kenapa bukan aku yang pertama dihatimu mas…..??? dan siapa wanita yang pertama dihatimu itu???“. lalu sang suami menjelaskan kepada istrinya “sabar dulu dong sayang…. dengar penjelasanku dulu “.”yang pertama dihatiku ialah Tuhanku, yang kedua adalah Orangtuaku dan yang ketiga adalah kamu. jadi tak ada wanita lain dihatiku selain kamu.“dan akhirnya mereka berdua akhirnya akur kembali.

dari cerita ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa sebelum kita mengatakan keputusan orang lain itu jelek atau buruk, kita harus tahu dulu mengapa ia mengambil keputusan itu. terkadang keputusan orang lain yang kita anggap buruk, belum tentu hal tersebut buruk bila kita mengetahui alasannya. dan hal tersebutpun sering terjadi pada diri kita. pada saat tertentu mungkin keputusan yang kita ambil sangat bertolak belakang dengan keinginan teman kita, dan dengan menjelaskan latarbelakang mengapa kita ambil keputusan itu, mungkin teman kiata akan mengerti.

jadi sebelum menjudge suatu hal tersebut jelek atau buruk, kita harus mengetahui latarbelakangnya dulu. Tapi tidak semua latarbelakang/alasan itu bisa diterima, misalnya mencuri karena himpitan kebutuhan ekonomi. :=)

Hello world!

Oktober 16, 2008

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!